Monday, March 27, 2017

Viral Video Suku Mante Di Pedalaman Aceh: Ini Kejanggalan Videonya!

Suku Mante merupakan suku di pedalaman Aceh sekitar abad 12, namun seiring pesatnya perkembangan informasi dan teknologi suku mante dipercaya sudah tidak ada lagi di Aceh.
Namun belakangan ini netizen dihebohkan dengan viralnya sebuah video yang diunggah di Youtube oleh akun bernama HZTN.

Video tersebut sudah menjadi perbincangan hangat di media lokal dan media nasional, bahkan para peneliti dan sejarawan sudah mulai mengomentari tentang keberadaan suku mante. Bahkan Pemerintah Daerah menyatakan siap untuk menelusuri dan memfasilitasi suku mante apabila ditemukan.

Namun apakah video yang menampaki manusia kerdil tersebut asli atau cuma rekayasa CGI saja? Penulis tidak dapat memastikan benar atau tidaknya video tersebut, namun jika dianalisis memang terlihat ada kejanggalan dari video, dimana makhluk yang menyerupai Hobbit pada film Harry Potter tersebut baru muncul setelah seorang biker jatuh, jika video diperlambat maka tidak akan terlihat makhuk yang diduga suku mante tersebut pada saat pengendara sedang jatuh.

1. Biker jatuh duluan baru tampil sosok yang diduga suku Mante.




Salah seorang biker jatuh pada rekaman video detik ke 00:05 namun sampai detik 00:06 masih belum ada penampakan sosok suku tersebut, penampakan suku mante baru terlihat pada detik 00:07 secara tiba-tiba. Kecepatan video setelah diperlambat menjadi 0.40 x.

Jika pemotor terjatuh karena  ada seseorang di depannya, pastilah orang tersebut ada dan terlihat di depan si pemotor, akan tetapi pada rekaman video terlihat manusia kerdil baru muncul beberapa saat setelah pemotor terjatuh, hal ini tidak dapat dilihat atau diketahui tanpa memperlambat kecepatan video sampai 0.30 x. Jika kecepatan video normal sepertinya manusia kerdil tersebut memang sudah ada di tempat, namun jika lebih teliti tidak ada siapapun pada saat pemotor sedang jatuh.

2. Lebih dua orang yang merekam kejadian namun cuma ada satu Video yang beredar di internet.

Judul video yang diupload ke Youtube: [Heboh! Ada orang telanjang di hutan Aceh] yang seolah tidak sengaja telah merekam seorang manusia kerdil dan telanjang ditengah hutan belantara Aceh, Netizen banyak menyebutnya dengan istilah suku Mante, adalah satu-satunya video yang beredar selama ini, lalu kenapa teman-temannya yang lain tidak mengupload hasil rekaman video masing-masing? Satu-satunya video adalah yang diupload oleh akun Fredography.

Sejauh ini dari hasil pencarian dan penelusuran di internet belum ada video lain yang lokasinya sama di tempat saat kejadian tersebut. Semua video yang beredar baik yang telah direpost adalah video yang sama, lokasi kejadian pun tampak seperti tempat yang sudah sering dilewati kendaraan roda empat, dapat dilihat dari luas jalan dan bekas ban.

Sosok manusia primitif yang takut dengan manusia modern tidak akan lalu lalang apalagi tinggal di daerah yang rawan manusia modern karena mereka beranggapan wilayah tersebut akan membahayakan keselamatan mereka. Menurut salah seorang sejarawan Aceh suku mante tidak menetap di suatu tempat, mereka berpindah-pindah dan tinggal di gua-gua ataupun di tepi sungai dan jauh dari kehudupan manusia modern.

3. Pengambil Video terlalu tertutup dan sulit dihubungi.

Fredo Prastana adalah pria yang telah mengaku merekam manusia kerdil dan telanjang di hutan tersebut, beberapa media coba menghubungi nomor ponsel Fredo namun sulit untuk tersambung. Ketika berhasil dihubungi oleh salah satu media akhirnya Fredo buka suara, namun tetap bungkam suara terkait video penampakan manusia telanjang di tengah hutan Aceh tersebut. Fredo juga meminta awak media untuk mengutip pernyataan di akun socmed twitter miliknya.

Fredo menyatakkan bahwa dia tidak akan membahas lebih lanjut terkait videonya untuk menjaga keseimbangan alam, agar suku mante tidak diburu oleh manusia modern.

Seandainya Fredo bisa dihubungi dan berjumpa langsung dengan pihak terkait yang ingin membuktikan kebenaran video tersebut, setidaknya file asli dari video Fredo bisa diperiksa kebenarannya. Dengan begitu temuan Fredo akan lebih menyakinkan publik tentang keberadaan mansia kerdil dan primitif di hutan belantara Aceh. Namun sayang sampai saat ini Fredo masih belum bisa dijumpai secara langsung untuk wawancara dan penelitian terhadap videonya.

Di zaman yang sudah pesat dengan kemajuan teknologi ini memang tidak sulit lagi untuk membuat berbagai animasi yang menyerupai aslinya, bahkan semuanya bisa jadi viral hanya dalam hitungan jam setelah diposting ke internet.


Itulah beberapa dari kejanggalan pada video yang diunggah HZTN, selebihnya siahkan netizen nilai sendiri sesuai keyakinan masing-masing.

Lihat hasil bedahnya pada video berikut:


Sampai saat ini berita tentang suku Mante masih terus bergulir dan sudah disorot media nasioanal dan media global. Pemprov Aceh Zaini Abdullah atau yang disapa dengan Doto pun sudah membentuk Tim Khusus untuk mencari keberadaan Suku Mante. Tapi jangan salah, mereka bukan dicari untuk diburu dan dihabisi, tapi untuk difasilitasi agar mereka juga bisa merasakan keberadaan Pemerintah seandainya mereka benar-benar ada dan ditemunkan.

Namun sampai saat ini keberadaan suku mante masih belum benar-benar dapat dipastikan, hanya didengar lewat cerita dongeng secara turun-temurun. Keberadaan suku mante pada zaman modern masih tetap mitos yang hasilnya nihil.

Dari cerita yang beredar secara turun temurun suku mante memiliki tubuh pendek dan kaki terbalik tidak sama seperti bentuk tubuh manusia normal biasanya. Sudah banyak peneliti yang melakukan riset ke tempat-tempat yang diduga dihuni oleh suku mante, namun tidak pernah ditemukan orang maupun bukti-bukti berupa jejak dan peninggalan lainnya.

Tulisan ini hanya sekedar analisis dan tidak meminta pihak yang berseberangan pendapat untuk beradu mulut. Jika sahabat memiliki argument yang berbeda mengenai video yang diduga suku Mante silahkan mengutarakan pendapatnya tanpa harus menjudge pihak yang lain.

Begitulah kiranya semoga misteri sosok yang mirip the Hobbit ini bisa terpecahkan tanpa harus memecahbelah kerukunan dan keberagaman diantara kita semua.

Wassalam..

-Admin-

1 comment:

  1. Aku liat si dr arah kanan sudah ada yg lari yaitu suku mante yg kepergok itu. Detik 0:03 smpe ke 0:05 mmg ga bgtu jelas. Tp kalau jeli terlihat dr arah kanan ke kiri sampe

    ReplyDelete