Friday, February 3, 2017

Tentang Acehtagar

Assalamualaikum Syedara lon man bandum!

Pue haba Rakan?

Tahukah anda Syedara lon, kehadiran website Acehtagar sebagai media yang akan menyajikan seputar informasi-informasi menarik, dan berbagai ulasan lainnya yang sedang trending topik saat ini.

Apa itu Acehtagar?

Yuk! Rakan Sinaroe kita ketahui sedikit tentang pernak-pernik Jamboe ini.


1. Tentang ACEH

Foto: Nanggroe Aceh Darussalam-Indonesia
diambil dari arah langit Indonesia via Satelite Google (Google Earth).


Aceh atau dalam sebutan lain  NAD (Nanggroe Aceh Darussalam) merupakan sebuah Provinsi di Indonesia yang berada paling unjung di kepulauan Sumatra. 

Kilometer Nol - Indonesia mulai dihitung dari Provinsi Aceh, yaitu dari Tugu Km Nol yang bertempat di Desa Iboih Ujoung Ba U, Kec. Suka Jaya, Kota Sabang, NAD.

Sebagai Provinsi yang paling barat di Indonesia, tentu lah Aceh mempunyai banyak ciri khas dan keindahan-keindahan yang terdapat di dalamnya. Aceh sudah lama menjadi objek wisata Internasional, para turis banyak berkunjung ke Sabang dan Banda Aceh hampir setiap hari, namun jumlah pengunjung kian membludak setiap akhir tahun, dan dihari-hari tertentu.

Jika ingin pergi berkunjung ke lokasi Kilometer Nol perjalanan dari kota Banda Aceh, maka kamu harus menempuh transportasi laut untuk menyeberang ke Sabang. Biasanya di sana penumpang diangkut menggunakan kapal Ferry.


Foto: Penampakan atas Kota Banda Aceh, dan Pulau We, Sabang
via Google Earth.
Keindahan Sabang sangat mampu memikat perhatian siapa pun yang menapakkan kaki di atasnya, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Foto: Kilometer Nol, Sabang via Google Earth
Selain Sabang objek wisata lain juga tidak kalah luar biasanya di Aceh, seperti; pantai Pasir Putih Lhok Mee(Banda Aceh); Pantai Lampuuk(Banda Aceh); Gua Sarang(Pulau Weh); Tapak Tuan(Aceh Selatan); pantai Manohara(Pidie Jaya); pantai Laut Jangka(Bireuen); air terjun Blang Kolam(Aceh Utara); danau Laut Tawar(Takengon); puncak Burni Telong(Bener Meriah); dan masih banyak objek-objek wisata lainnya yang makin penasaran untuk dikunjungi.

Selain Pariwisata di Daerah Istimewa Aceh juga kental dengan Agama dan adat istiadat, sesuai dengan gelar Serambi Mekkah yang dikalunginya, di Aceh diberlakukan Syariat Islam kepada setiap warga muslim. Syariat Islam di Aceh adalah berkah bagi Indonesia, sebagai sebuah Provinsi yang 100% pribuminya adalah muslim. Nama Aceh pernah diagung-agungkan sebagai Negera Kerajaan terkuat di Asia pada saat pemerintahan Kerajaan Sultan Iskandar Muda di masa lampau jauh sebelum Aceh memutuskan bergabung kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1948 (dua tahun pasca kemerdekaan Indonesia).

Selain pelaksanaan Syariat Islam, masyarakat sangat menjunjung budaya dan adat istiadat. Beberapa seni budaya dan adat di Aceh seperti seni Peeh Rapai, tarian Saman, tarian Ranup Lam Puan, seni Seumapa, adat Peusijuk, adat Khanduri Blang, dan lain sebagainya.

2. Istilah TAGAR

Kembali ke Acehtagar, selanjutnya yaitu istilah tagar. Tagar sendiri merupakan singkatan dari tanda pagar yang dalam bentuk simbolnya yaitu kode (#). Tagar dalam bahasa inggris diistilahkan dengan sebutan hashtag, sering kita jumpai di socmed seperti twitter dan facebook tagar digunakan untuk menunjukan kata-kata yang sedang populer di dunia maya.

Sesuai dengan sematan tagar pada website ini berarti Acehtagar akan berusaha menjadi sebuah ladang tulisan yang mencoba menanamkan artikel-artikel ataupun informasi yang semenarik mungkin untuk memuaskan serta menambah wawasan dan nilai moral kepada setiap pembaca didalamnya.

Acehtagar juga menerima sumbangan tulisan dari kamu yang hobi menulis dan berkreasi dengan cara mengirimkan artikel atau tulisan kamu ke alamat email Acehtagar@gmail.com.


Terima kasih untuk keikutsertaannya di Acehtagar dan semoga apa yang sudah kita jalankan bukanlah suatu kesia-siaan, sehingga akan mendapat keberkahan dariNya.

Akhirulkalam, saya ucapkan Assalamualaikum Wr. Wb!

Penulis: Arif

No comments:

Post a Comment